Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK, Yang Harus Anda Ketahui! | Anyabila

Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK, Yang Harus Anda Ketahui!

Sebagian dari Anda pernah mendengar tentang BI Checking atau sistem Informasi Debitur atau yang kerap disingkat jadi SID. Saat ini layanan yang dimaksud sudah berubah nama jadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau yang disingkat jadi SLIK. Sistem informasi seperti ini, saat ini dikelola oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat jadi OJK.   

Definisi Sistem Layanan Informasi Keuangan / SLIK

Adapun Sistem Layanan Informasi Keuangan adalah sistem informasi yang tujuannya melakukan tugas pengawasan langsung dan juga pelayanan informasi keuangan. Salah satu tujuannya adalah menyediakan informasi tentang debitur atau iDeb. Seperti yang dijelaskan di atas, saat ini layanan sistem informasi tersebut, dilaksanakan atau diselenggarakan langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Informasi SLIK saat ini diperluas, tidak hanya untuk lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan / finance, juga lembaga keuangan non bank. Guna memperoleh akses data debitur dan kewajiban pelaporan data debitur, yang ada di Sistem Informasi Debitur atau SID.

Fungsi dari SLIK

Ada beberapa fungsi dari diadakannya SLIK tersebut, antara lain :

  1. Untuk memperlancar proses penyediaan dana, penilaian kualitas debitur, penerapan manajemen risiko, dan juga meningkatkan disiplin industri keuangan.
  2. Jika dibanding dengan Sistem Informasi Debitur atau yang disingkat jadi SID. Sudah tentu SLIK ini mempunyai cakupan yang lebih luas.
  3. Jika awalnya SID hanya dapat diakses oleh lembaga penyedia layanan keuangan atau juga lembaga bank, melalui BI. Maka dengan adanya SLIK, prosedur berbelit tersebut, tidak berlaku lagi.
  4. Dalam hal ini pihak kreditur hanya wajib melaporkan pihak debitur. Bank yang dimaksud antara lain, bank umum, BPR, bank umum syariah, dan unit usaha syariah lainnya.
  5. Selain itu, ada juga pihak lain, yang juga bisa jadi pelapor, misalnya saja financial technology / fintech, koperasi simpan pinjam, lembaga keuangan mikro yang sudah terdaftar serta memenuhi syarat.    
Baca Juga:  Pentingnya Laporan Keuangan dan Cara Menghitungnya

Manfaat SLIK

Sudah tentu SLIK ini, mempunyai manfaat untuk kedua belah pihak, baik itu calon debitur maupun kreditur.

  1. Manfaat bagi kreditur
  2. Membantu percepatan analisis dan pengambilan keputusan tentang pemberian kredit.
  3. Mampu menurunkan resiko kredit bermasalah, di kemudian hari. Sedikit banyak dari teori dan jenis-jenis rasio keuangan, informasi yang diberikan akan membantu meneliti, apakah kredit yang diberikan kelak, akan bermasalah atau tidak.
  4. Adanya efisiensi biaya operasional.
  5. Memberikan transparansi dalam pengelolaan kredit yang ada.
  6. Manfaat bagi calon debitur  
  7. Mempercepat waktu untuk persetujuan kredit.
  8. Membantu penerima kredit untuk menjaga reputasi kredit yang dimiliki.
  9. Mudah mengetahui data kredit perbankan. Mulai dari plafon kredit, data pokok debitur, kualitas kredit, dan yang lainnya.
  10. Mudah memberikan informasi tentang status agunan dan rincian penjamin kredit  

Pastinya adanya Sistem Layanan Informasi Keuangan, seperti ini memang cukup efektif, praktis dan juga efisien. Terutama untuk Anda yang ingin melakukan pinjam meminjam dana. 

4 Replies to “Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK, Yang Harus Anda Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published.