Soal Ulangan Harian PPkn Kelas 8 dan Jawaban

Anyabila.com Soal Ulangan Harian PPkn Kelas 8 dan Jawaban Ulangan Harian PPKn full jawaban materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila.

Ulangan Harian PPkn Kelas 8 adalah metode yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terkait dengan materi tertentu yang telah dipelajari. Biasanya, diberikan secara berkala oleh guru.

Hal ini dikarenakan, Ulangan Harian PPkn Kelas 8 dapat mempermudah guru dalam melihat peningkatan kemampuan siswa. Sehingga guru akan memperoleh acuan untuk melanjutkan ke materi yang lain.

Jika dirasa setelah melakukan ulangan harian siswa belum bisa memahami materi tersebut, maka guru dapat melakukan perbaikan dengan cara menjelaskan ulang kepada siswa.

Perbaikan sangat penting dilakukan, agar siswa dapat benar-benar memahami materi tersebut. Setelah guru menjelaskan ulang materi, biasanya akan diberikan beberapa soal yang digunakan untuk menguji kembali pemahaman siswa. Jika hasil perbaikan dinilai sudah lebih baik dari sebelumnya guru bisa melanjutkan ke pengayaan.

Sebelum melanjutkan ke materi yang lain,guru perlu melakukan pengayaan. Di mana pengayaan berfungsi sebagai kilas balik materi yang telah dipelajari untuk lebih mematangkan lagi pemahaman siswa terhadap satu materi.

Barulah saatnya berlanjut ke materi yang lain. Guru akan melakukan langkah yang sama setiap berganti materi. Ulangan harian menjadi satu hal yang umum dalam setiap mata pelajaran.

Untuk itulah admin ingin membagikan contoh Ulangan Harian PPkn . Diharapkan setelah Anda membaca Bank Soal Ulangan Harian PPkn Kelas 8 ini akan lebih mudah dalam mengerjakan soal. Soal ini memudahkan siswa dalam belajar PPkn karena dilengkapi dengan kunci jawaban

Di bawah ini adalah Soal Ulangan Harian PPkn Kelas 8 beserta Jawaban sebagai referensi belajar siswa untuk menghadapi ulangan harian.

SOAL ULANGAN HARIAN 

Petunjuk Umum:
a. Tulis nama lengkap pada sudut kanan atas
b. Bacalah pertanyaan dengan seksama
c. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
d. Periksa kembali jawaban sebelum menyerahkan kepada guru

A. Pilihlah yang tepat dengan menuliskan jawaban a, b, c, dan d pada lembar jawaban !

1.Pancasila ditetapkan sebagai Dasar Negara Indonesia pada tanggal…
a. 16 Agustus 1945
b. 17 Agustus 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 19 Agustus 1945
Jawaban : C

2. Pancasila memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa lain. Hal tersebut berarti Pancasila berfungsi sebagai…
a. Jiwa bangsa Indonesia
b. Kepribadian bangsa Indonesia
c. Sumber dari segala sumber hukum
d. Perjanjian luhurbangsa Indonesia
Jawaban : B

3. Pancasila berarti sumber dari segala sumber hukum memiliki arti…
a. Bahwa Pancasila berfungsi mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia
b. Pancasila sebagai satu-satunya asas yang ada di Indonesia
c. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
d. Pancasila sebagai tujuan bangsa Indonesia
Jawaban : A

4. Pancasila berfungsi sebagai Dasar Negara memiliki arti…
a. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk hidup bagi bangsa Indonesia
b. Pancasila berfungsi sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara
c. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari
d. Pancasila berfungsi sebagai ideologi negara
Jawaban : A

5. Setiap negara yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui jelas kearah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan…
a. Dasar negara
b. Ideologi negara
c. Pandangan hidup
d. Lambang negara
Jawaban : A

6. Ideologi berasal dari kata idea yang artinya…
a. Gagasan
b. Pengetahuan
c. Petunjuk
d. Ilmu
Jawaban :A

7. Pancasila sebagai pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah makna dari fungsi Pancasila sebagai…
a. Dasar negara
b. Pandangan hidup
c. Perjanjian luhur
d. Cita-cita dan tujuan bangsa
Jawaban : A

8. “Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan” merupakan wujud pengamalan Pancasila,sila ke…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban : B

9. Menghormati hak orang lain adalah perwujudan dari sila ke…
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
Jawaban : A

10. Tidak boleh memaksakan kehendak kita terhadap orang lain termasuk pengamalan Pancasila sila ke…
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban : C

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

1. Sebutkan contoh-contoh pengamalan nilai Pancasila di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat!

Jawaban : a. Pengamalan nilai Pancasila di lingkungan sekolah contohnya melakukan musyawarah saat pemilihan ketua OSIS, tidak memaksakan kehendak ketika berbeda pendapat, menolong teman saat kesusahan.
b. Pengamalan nilai Pancasila di lingkungan rumah contohnya menghormati kedua orang tua, mendiskusikan segala hal dengan seluruh anggota keluarga, membantu kedua orang tua saat di rumah.
c. Pengamalan nilai Pancasila di lingkungan masyarakat contohnya melakukan musyawarah saat pemilihan ketua RT, gotong royong, tidak membeda-bedakan tetangga yang berbeda SARA.

2. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara!
Jawaban : Pancasila sebagai Dasar Negara berarti segala sesuatu hal yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus berdasarkan dan berpedoman kepada Pancasila.

3. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum!
Jawaban : Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum berarti berfungsi untuk mengatur segala hukum yang ada dan berlaku di Indonesia

4. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai Pandangan hidup!
Jawaban : Pancasila sebagai Pandangan hidup berarti berfungsi petunjuk, pandangan, ataupun pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

5. Pengertian Pancasila telah dijabarkan secara jelas dalam Pembukaan UUD 1945 pada alenia ke 4. Tuliskan bunyinya !
Jawaban : Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kesimpulan Soal Ulangan Harian PPkn Kelas 8 dan Jawaban

Itulah tadi mengenai Soal Ulangan Harian PPkn kelas 8 SMP beserta penyelesaiannya. Dimana dalam soal-soal tersebut Anda dapat mempelajari materi dan jawaban yang telah diberikan.

Soal-soal tersebut merupakan bank soal Ulangan Harian  yang diperuntukan untuk siswa/siswi kelas 2 SMP. Dilengkapi dengan kunci jawaban tentunya akan memudahkan Anda dalam belajar.

Demikian mengenai Soal Ulangan Harian PPkn kelas 8 Full Jawaban yang dapat admin bagikan untuk membantu siswa lebih mudah belajar PPkn kelas 8. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan