Strategi Pemasaran 4p dan Contohnya | Anyabila

Strategi Pemasaran 4p dan Contohnya

strategi pemasaran 4p dan contohnya – Strategi bisnis sangatlah penting, mulai dari strategi harga produk atau jasa, strategi penentuan produk yang tepat, strategi pemasaran dan lain-lain.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat bisnis berjalan sehingga dapat lebih memuaskan pelanggan yang membeli produk.

Di antara banyak strategi pemasaran yang digunakan dalam bisnis, ada elemen strategis utama yang harus digunakan yang dikenal sebagai strategi pemasaran 4P

Karena keempat elemen strategi pemasaran Anda akan menentukan keberhasilan kegiatan pemasaran Anda.

Jika Anda tidak tahu apa itu strategi pemasaran 4p, artikel ini akan membahas semuanya.

strategi pemasaran 4p dan contohnya

Apa Itu Strategi Pemasaran 4P ?

Tujuan dari pemasaran adalah membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk Anda sehingga mereka tertarik untuk membelinya.

Dengan demikian, strategi pemasaran 4p adalah seperangkat komponen dasar yang menjadi standar awal bagi suatu perusahaan untuk menarik konsumen agar membeli produknya.

Strategi pemasaran 4p, juga dikenal sebagai bauran pemasaran 4p, terdiri dari bagian: produk, harga, tempat, dan promosi.

Strategi pemasaran tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, tetapi mereka yang berbisnis di UMKM juga harus menerapkan strategi ini.

Variabel Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Ada empat kombinasi dalam bauran pemasaran ini yang dikenal sebagai 4P: produk, harga, tempat, dan promosi.

Untuk lebih jelasnya keempat variabel tersebut dijelaskan di bawah ini.

Produk

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, yang terpenting adalah produk. Produk dapat dianggap sebagai bagian penting dari bisnis, tetapi produk tidak hanya berfokus pada aset berwujud, tetapi juga pada aset tidak berwujud seperti organisasi, layanan, dan ide.

Sebelum menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda, Anda bisa memulainya dengan mengembangkan produk untuk menyempurnakannya.

Caranya, Anda dapat meminta saran atau review pelanggan Anda mengenai produk yang Anda tawarkan agar mereka merasa puas dengan produk tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami produk dan bagian pemasaran lainnya.

Ada beberapa faktor penentu ketika mempertimbangkan elemen produk dalam bauran pemasaran, seperti:

  • Karakteristik
  • Kualitas
  • Merek atau logo
  • Diferensiasi dari pesaing
  • Variasi produk
  • Kemasan

Price ( Harga )

Selain produk, ada unsur bauran pemasaran lainnya yang juga perlu Anda perhatikan, yaitu harga.

Harga adalah nilai yang harus diberikan pembeli untuk memiliki produk perusahaan, dan komponen ini mempengaruhi penjualan produk.

Biasanya calon pelanggan Anda membandingkan produk dengan produk pesaing terlebih dahulu, kemudian mereka menggunakan harga sebagai acuan.

Jadi Anda harus memiliki strategi harga yang baik, bagaimana Anda melihat harga pasar atau menghitung harga pokok penjualan (HPP).

Saat menetapkan harga, Anda perlu mempertimbangkan hal berikut:

  • Nilai produk atau layanan
  • Bandingkan harga dengan pesaing
  • Promosi atau diskon
  • Manfaat

Place (Tempat)

Salah satu faktor penentu untuk produk Anda berikutnya adalah memilih lokasi atau lokasi, mungkin secara strategis.

Lokasi strategis artinya tempat ramai atau sering ramai.

Tujuannya agar calon pelanggan mau mengunjungi bisnis Anda dan membuatnya mudah ditemukan.

Namun selain lokasi bisnis yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bauran pemasaran 4p ini, yaitu:

  • Tipe lokasi
  • Saluran distribusi
  • Penanganan produk
  • Logistik
  • Belajar Meminta dari pesaing

Promotion (Pemasaran)

Kegiatan promosi memiliki dua tujuan yang dapat Anda capai, pertama untuk meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda dan agar orang tahu tentang bisnis Anda.

Kedua, yakinkan mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Strategi pemasaran 4p ini berfokus pada media yang tepat untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda.

Nah, untuk mempromosikan produk Anda tidak hanya melalui cara biasa, Anda bisa mempromosikannya melalui Facebook Ads, Instagram Ads atau Google Ads.

Atau manfaatkan media sosial perusahaan Anda dengan menyediakan konten informasi, pendidikan, dan lainnya.

Namun sebelum melakukan promosi, untuk menentukan kegiatan promosi dengan benar, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut;

  • Periode promosi
  • Materi promosi yang digunakan
  • Pelajari tentang pesaing saat beriklan

Mengapa Strategi Pemasaran Sangat Penting Bagi Bisnis ?

Jika Anda menerapkan keempat faktor ini, Anda dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Jadi strategi pemasaran sangat penting untuk kelangsungan bisnis, karena memberikan banyak keuntungan untuk produk Anda.

Seberapa penting bauran pemasaran 4p bagi bisnis?

Strategi ini dapat meningkatkan loyalitas merek perusahaan Anda karena bisnis Anda berfokus pada kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan pelanggan.

Jika Anda menggabungkan semua elemen strategi pemasaran dalam bisnis Anda, Anda dapat membuat promosi yang tepat untuk produk Anda.

Jadi, jangan sampai kamu tidak menerapkan strategi ini ya di bisnis.

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Setelah membahas semua elemen strategi pemasaran, jika Anda masih bingung, mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini

  • P Pertama, yaitu produk yang ditawarkan Burger King memiliki berbagai macam makanan dan minuman seperti ayam goreng, burger, es krim dan berbagai minuman.
  • Price adalah strategi penetapan harga yang menggunakan produk pelengkap seperti kemasan makanan yang lebih murah dari harga satuan, dan menerapkan harga psikologis.
  • Place, lokasi yang digunakan oleh Burger King sebagai restoran, kios, dan aplikasi seluler. Kios itu seperti di dalam pusat perbelanjaan.
  • P keempat (promosi), strategi promosi dilaksanakan melalui media sosial, promosi seperti diskon atau rabat, dan hubungan masyarakat (PR).

Kesimpulan Dari Strategi Pemasaran Marketing Mix 4P

Itulah pengertian dan cara menerapkan strategi pemasaran 4P. Mudah bukan? Tidak harus memiliki usaha bisnis yang besar untuk menerapkan strategi 4P ini.

Justru apapun bisnis Anda, adalah hal yang krusial untuk menerapkan strategi ini dengan maksimal. Tapi ingat, tidak ada strategi yang sama satu dan lainnya.

Sesuaikan kondisi lokasi, target promosi, daya beli konsumen, hingga produk Anda dengan situasi sekitar. Jangan memaksakan untuk menurunkan atau menaikkan standar hanya demi mengikuti bisnis lain yang sudah lebih dulu hype.

Tentu saja riset ini tidak akan berlangsung dengan mudah. Ada proses trial and error yang perlu dilakukan sebelum benar-benar menemukan pola penerapan bauran pemasaran 4P yang tepat.

Demikianlah artikel tentang “strategi pemasaran 4p dan contohnya” yang telah kami buat, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. nantikan artikel-artikel bermanfaat dari anyabila.com

Tinggalkan Balasan