Strategi Pemasaran Untuk Mendongkrak Omset Melalui SEO | Anyabila

Strategi Pemasaran Untuk Mendongkrak Omset Melalui SEO

Sebelum membahas bagaimana menerapkan strategi pemasaran dengan SEO, untuk menyamakan persepsi kita bahas dulu apa yang disebut dengan strategi pemasaran. Menurut Hermawan Kertajaya, ada 3 elemen pada strategi pemasaran. Yang pertama adalah segmentation, targeting, dan positioning.

Apa Itu Strategi Pemasaran? Apa Itu Penting?

Inti dari strategi pemasaran adalah positioning, namun tidak akan bisa tanpa melihat dulu peta pasar (segmentation), kemudian kita mengambil keputusan untuk membidik target pasar (targeting). Setelah target pasar jelas, maka langkah selanjutnya adalah memposisikan diri pada posisi paling menguntungkan di hadapan target pasar yang dibidik.

Posisi yang dimaksud bisa berupa posisi secara fisik. Artinya Anda benar-benar mencari lokasi yang “strategis” artinya paling menguntungkan. Bisa juga, posisi ini berarti sebuah tempat di pikiran pasar.

Jika kita sudah bisa memenangkan pikiran pasar, maka kita bisa dengan mudah menjual produk atau jasa kita. Bahkan, saat Anda sudah memiliki lokasi strategis, tanpa memiliki “posisi” di pikiran pasar, maka bisa jadi pasar lebih memilih pesaing Anda yang letaknya tepat di samping Anda.

Penerapan Strategi Pemasaran Melalui SEO

Langkah pertama untuk menerapkan strategi pemasaran melalui SEO tentu dengan menempati posisi teratas di mesin pencari untuk kata kunci yang digunakan oleh target pasar Anda.

Untuk ini, Anda perlu memahami siapa target pasar Anda dengan jelas dan kata kunci apa yang akan digunakan oleh mereka saat mencari produk atau jasa Anda. Memahami siapa target pasar Anda, berikut kata kuncinya, adalah langkah awal untuk penerapan strategi.

Bagaimana agar posisi teratas? Ini menggunakan teknik SEO biasa yang sudah dibahas pada artikel lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Ekonomi Dunia

Langkah kedua adalah bagaimana tulisan Anda, baik yang ada di judul, di deskripsi, dan di badan halaman web Anda memposisikan diri bahwa website Anda adalah yang paling tepat untuk target pasar Anda.

Disini jelas, bahwa SEO tidak sekedar bagaimana merangkingkan website. Seperti Anda buka toko, tidak cukup hanya menempati lokasi strategis. Tapi, bagaimana memberitahu target pasar Anda, bahwa Andalah yang paling cocok dengan mereka.

Teritama judul dan deskripsi website Anda. Ini akan muncul di halaman pencarian. Pengguna mesin pencari mungkin akan melihat hasil pencarian, kemudian memilihnya, dan selanjutnya membuka.

Pertanyaanya, apakah website Anda yang akan dibuka?

Posisi pertama di halaman pertama memang memiliki kesempatan paling besar untuk dibuka. Bagus sekali jika Anda misa menempati posisi paling strategis ini. Tapi, jika ditambahkan dengan kata-kata dijudul dan deskripsi yang menunjukan positioning Anda, maka bisa jadi peluang Anda dibuka akan sangat besar.

Kombinasi antara posisi di mesin pencari dan positioning membidik pikiran pasar yang tepat, akan lebih banyak pengguna Google membuka website Anda.

Tidak Cukup Dengan Strategi

Elemem pemasaran pada dasarnya ada 9, dikelompokan dalam 3 kelompok, yaitu strategi, taktik, dan nilai (Hermawan Kertajaya). Setelah strategi Anda terapkan, jika ditambah dengan taktik akan lebih baik hasilnya. Yang paling penting berkaitan SEO adalah differentiation dan selling.

Anda bisa menunjukan keunikan Anda dan menjual dengan SEO.

Keunikan jika bisa harus bisa muncul di judul dan dideskripsi. Saat pengguna mesin pencari membaca hasil pencarian, maka dia akan tertarik jika melihat sesuatu yang peling tepat buat dia dan unik. Keunikan sangat penting disaat ada pesaing lain yang positioningnya sama dengan kita.

Baca Juga:  Strategi Marketing : Mendatangkan, Tangkap, dan Daya Ungkit

Kemudian setelah mereka membuka website kita, maka fungsi website kita bisa berfungsi sebagai selling atau menjual produk atau jasa Anda. Bahkan, jika bisa, fungsi selling harus bisa muncul dalam judul dan deskripsi.

Selain taktik, unsur lain yang perlu kita perhatikan adalah value. Yang pertama adalah Brand. Bagi seorang pebisnis, harus sudah memahami bagaimana penting brand dalam bisnis. Perusahaan-perusahaan mengeluarkan biaya besar untuk membangun brand. Nah, jangan sia-siakan kampanye SEO Anda tanpa menyisipkan usaha membangun brand.

Brand bisa “disisipkan” melalui nama domain. Bisa juga melalui konten website Anda yang ditujukan untuk membangun brand.

Kesimpulan

Teknik pemasaran melalui SEO bisa berperan untuk menunjang pemasaran Anda secara keseluruhan. Mulai dari strategi pemasaran dengan positioning, kemudian membedakan diri (taktik pemasaran), dan value dengan membangun brand.

SEO tidak hanya dibutuhkan bagi mereka yang menjual produk atau jasa secara online. Perusahaan yang beroperasi secara offline pun tetap bisa memanfaatkan SEO untuk menunjang bisnisnya.

Dua kunci bagaimana menerapkan strategi, taktik, dan nilai melalui SEO ialah, yang pertama menempati posisi sebaik mungkin di mesin pencari untuk kata kunci yang digunakan target pasar. Kemudian yang kedua merancang bagaimana judul, deskripsi, dan konten untuk menampaikan pesan positioning, membedakan diri, menjual, dan membangun brand.

Jika Anda tidak memasuki dunia internet saat ini, maka pesaing Anda akan melakukannya. Teknologi semakin maju, internet sudah menjadi bagian hidup manusia. Masihkah mengabaikan pemasaran online untuk bisnis Anda?

15 Replies to “Strategi Pemasaran Untuk Mendongkrak Omset Melalui SEO

  1. html montelukast 5 mg torrino In both cases, the speakerГў s office sidestepped the mandated protocol to report these disturbing abuses of power to the AssemblyГў s ethics committee how much is doxycycline With SARMs, the chances of overusing are minimized due to how long they take to affect the body

Leave a Reply

Your email address will not be published.