Struktur Organisasi Perusahaan Kecil: Berikut Contoh Strukturnya | Anyabila

Struktur Organisasi Perusahaan Kecil: Berikut Contoh Strukturnya

Struktur Organisasi Perusahaan Kecil – Sumber daya manusia perusahaan dan struktur organisasi merupakan faktor penentu keberhasilan perusahaan. Tanpa sumber daya manusia yang handal, suatu bisnis tidak akan dapat berfungsi. Dalam hal ini, perusahaan dapat mengandalkan Skills Management System untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau karyawannya.

Namun tetap nihil jika perusahaan juga tidak memiliki bagan organisasi yang jelas dan terstruktur. Kondisi ini tentunya akan berdampak negatif pada birokrasi perusahaan. Untuk memahami betapa pentingnya bagi sebuah bisnis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui definisi struktur organisasi. Temukan penjelasan dan contohnya di artikel ini!

struktur organisasi perusahaan kecil

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi bisnis atau corporate structure memiliki pengertian yang sama yaitu susunan unit-unit kerja dalam suatu perusahaan. Sumber daya manusia mampu menyelesaikan unit kerja ini. Tentunya setiap unit kerja dalam struktur perusahaan memiliki fungsinya masing-masing. Struktur perusahaan memiliki banyak fungsi dan keunggulan yang berbeda.

Baca Juga: Organisasi Internasional Yang diikuti Indonesia

Pertama, dengan struktur yang baik, aparatur administrasi perusahaan dapat berfungsi secara optimal. Kedua, struktur perusahaan dapat memungkinkan perusahaan untuk secara jelas mengalokasikan tanggung jawab. Biarkan semua karyawan perusahaan di setiap posisi memiliki tanggung jawab yang sama. Ketiga, adanya struktur ini akan mengurangi terjadinya konflik internal di dalam perusahaan. Akhirnya, struktur bisnis dapat membantu bisnis mencapai tujuan yang ditentukan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa struktur bisnis yang baik merupakan faktor keberhasilan suatu perusahaan.

Contoh Struktur Perusahaan

Struktur organisasi atau bisnis merupakan faktor penting bagi sebuah bisnis. Tanpa struktur ini, aparatur administrasi perusahaan tidak akan mencapai efisiensi yang optimal. Ada beberapa unit kerja yang umum ada di perusahaan. Unit kerja tersebut adalah manajer, chief financial officer, manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran, manajer penjualan, dan karyawan. Setiap unit kerja memiliki tanggung jawab masing-masing.

Direktur memiliki tanggung jawab utama untuk mengarahkan operasi perusahaan. Di bawah direktur, ada beberapa kepala departemen. Yang pertama adalah kepala keuangan. CFO bertanggung jawab atas kepentingan keuangan dan pelaporan perusahaan. Untuk mengoptimalkan pengelolaan, manajer keuangan dapat menggunakan software ERP keuangan. Kedua, manajer sumber daya manusia. Tanggung jawab direktur sumber daya manusia adalah mengelola dan mengoperasikan perusahaan, mulai dari perekrutan hingga penilaian kinerja karyawan.

Ketiganya adalah pengusaha. Manajer ini bertanggung jawab atas kinerja kegiatan produksi perusahaan. Oleh karena itu, para pemimpin bisnis selalu memastikan kelancaran kegiatan produksi perusahaan. Keempat, direktur pemasaran. Manajer ini bertanggung jawab atas pemasaran produk perusahaan. Dengan meningkatkan kegiatan pemasaran, manajer dan karyawan di lapangan dapat menggunakan perangkat lunak otomasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Terakhir, karyawan perusahaan. Para karyawan ini berperan dalam mendukung operasional bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa semakin besar perusahaan, semakin kompleks struktur organisasi di dalamnya. Berbicara tentang contoh struktur bisnis, ada beberapa contoh struktur ini. Dari struktur usaha kecil hingga struktur perusahaan jasa. Apa contoh struktur seperti itu? Berikut ini adalah penjelasan dari contoh struktur bisnis.

Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Dalam struktur perusahaan kecil, hanya ada beberapa unit kerja. Unit kerja tersebut meliputi seorang manajer, seorang manajer keuangan, seorang manajer orang, seorang manajer bisnis, seorang manajer pemasaran, dan karyawan. Setiap manajer tentunya harus menjelaskan pekerjaannya kepada direktur. Karyawan dalam struktur organisasi ini membantu mendukung kegiatan operasional perusahaan. Struktur organisasi ini untuk perusahaan yang baru memulai dan tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup.

Jika anda ingin lihat bagan nya, maka seperti ini:

struktur organisasi perusahaan kecil

Tugas masing-masing direktur atau manajer adalah sebagai berikut:

Direktur adalah pemilik dan pelaksana semua kegiatan perusahaan dan berhak mengatur jalannya perusahaan.

Chief Financial Officer, adalah orang yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, khususnya pelaporan keuangan. Dalam perjalanan bisnis, CFO tidak berhak mengetahui dari mana sumber keuangan berasal dan ke mana uang itu pergi. CFO mungkin juga bertanggung jawab untuk mengajukan pengembalian pajak kepada pemerintah.

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan dan Tugasnya

Manajer Personalia, adalah orang yang mengelola personalia seperti petugas, pegawai, satpam atau bahkan magang. Selain itu, direktur sumber daya manusia juga mengelola rekrutmen karyawan. Tugas manajer sumber daya manusia adalah menciptakan suasana yang harmonis antar karyawan sehingga kinerja perusahaan semakin cemerlang.

Manajer penjualan, yang mengelola operasi manufaktur, pergudangan, dan distribusi. Karyawan di bawah manajer penjualan seringkali paling banyak di antara departemen lain.

Manajer Pemasaran, adalah orang yang paling penting dalam keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis. Manajer pemasaran harus memiliki pengalaman dan keterampilan teknis yang mumpuni untuk mengelola pemasaran suatu perusahaan.

Struktur organisasi perusahaan dagang

Dalam memberikan contoh struktur perusahaan dagang, kita dapat mengambil contoh struktur perusahaan dagang PT. Bina Karya (Persero). Jika Anda perhatikan lebih dekat, ada lebih banyak unit kerja dalam struktur ini daripada yang sebelumnya. Hal ini untuk memudahkan alokasi tanggung jawab dan tugas kepada masing-masing unit kerja. Dalam struktur organisasi ini terdapat beberapa unit kerja tambahan seperti Panitia Pembina dan departemen pendukung lainnya. Departemen pendukung termasuk Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Transportasi dan Pengembangan Bisnis.

Struktur organisasi perusahaan manufaktur

Untuk menjelaskan struktur perusahaan manufaktur, dapat diambil contoh struktur bisnis PT. Unilever Indonesia, Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur di industri barang konsumsi. Dalam struktur perusahaan terlihat bahwa CEO memimpin perusahaan. Di bawah arahan Presiden, terdapat beberapa divisi unit kerja yang lebih spesifik seperti Direktur Personal and Home Care, Direktur Makanan, dan Direktur Pemasaran dan Pelayanan Es Krim. Masing-masing manajer ini mengarahkan departemen mereka untuk berfungsi dengan baik.

Struktur organisasi perusahaan jasa

Untuk menjelaskan struktur perusahaan jasa dapat kita ambil contoh Angkasa Pura I. Perusahaan ini merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang kebandarudaraan. Dalam struktur organisasi ini terdapat seorang direktur umum yang bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kegiatan operasional perusahaan. Di bawah direktur umum, ada sejumlah kepala departemen yang bertanggung jawab atas kinerja departemen. Kepala departemen ini kemudian akan memberikan laporan kinerja departemennya kepada manajer umum.

Kesimpulan

Struktur perusahaan adalah bagian dari dokumen yang sangat penting untuk operasi bisnis. Tanpa struktur yang jelas, bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Selain itu, tidak adanya struktur perusahaan juga membuat aparatur administrasi perusahaan menjadi buruk.

Untuk memudahkan bisnis dalam membuat struktur organisasi yang tepat, Anda memerlukan perangkat lunak manajemen dokumen HashMicro. Sebagai pemasok software ERP terbaik di Indonesia, HashMicro memastikan keamanan dokumen Anda dengan enkripsi multi-layer. Sistem ini membantu Anda untuk mengelola, mengelompokkan, dan menyimpan semua jenis dokumen secara otomatis.

17 Replies to “Struktur Organisasi Perusahaan Kecil: Berikut Contoh Strukturnya

  1. In September, Columbia University Medical Center began what may be the first Phase I clinical study to determine if an herbal supplement commonly used as an antiinflammatory can prevent prostate cancer in patients with prostatic intraepithelial neoplasia PIN can you drink on doxycycline dronedarone will increase the level or effect of almotriptan by affecting hepatic intestinal enzyme CYP3A4 metabolism

Leave a Reply

Your email address will not be published.