Sumber Daya Organisasi dan 4 Faktor Penjelasan Lengkap | Anyabila

Sumber Daya Organisasi dan 4 Faktor Penjelasan Lengkap

Organisasi akan memiliki faktor-faktor penentu agar organisasi tetap berjalan dan dapat mencapai tujuannya. Faktor-faktor penentu tersebut adalah sumber daya organisasi. Sumber daya organisasi adalah komponen-komponen penyusun sebuah organisasi akan tetap berjalan dan mencapai kondisi yang organisasi inginkan. Komponen tersebut terdiri dari 4 sumber daya, yaitu: sumber daya manusia, sumber daya fisik, keuangan dan informasi.

4 Sumber Daya Organisasi

Pada penjelasan diatas. Telah kita singgung terdapat 4 sumber daya yang harus terdapat dalam sebuah organisasi.

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM merupakan faktor terpenting dalam sebuah organisasi. Tanpa adanya komponen ini, sebuah organisasi tidak dapat berjalan. SDM akan berfungsi sebagai perencana dan pelaksana proses perubahan input menjadi output yang organisasi harapkan. Atau bisa kita sebut juga, komponen ini merupakan otak dari organisasi.

Bayangkan jika organisasi tanpa adanya SDM, secara pengertian dari organisasi yang “merupakan sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama” menjadi tidak valid.

Tetapi tidak semua SDM dapat bergabung dalam organisasi, harus adanya proses seleksi. Oleh karena itu, pemilihan SDM harus teliti dan berdasarkan kemampuan maupun pengalaman individu dalam pekerjaan yang akan ia masukki. Simak pembahasan MSDM : Manajemen Sumber Daya Manusia Panduan Lengkap.

sumber daya organisasi salah satunya adalah sumber daya manusia

2. Sumber Daya Fisik

Sumber daya ini akan berfokus pada bahan material, peralatan, dan fasilitas. Tentunya dalam proses penghasilan output, bukan hanya faktor manusia saja yang kita perlukan. Namun, faktor lain seperti kesedian bahan baku, mesin pembuatnya dan fasilitas untuk melengkapi SDM.

Semakin baik faktor ini (seperti mesin yang canggih) maka output, efisiensi, dan efektifitas akan baik. Sehingga produktifitas organisasi akan meningkat.

Misalnya, untuk memproduksi 1 ton keripik singkong membutuhkan 20 SDM dengan peralatan pisau, wajan penggorengan, dan peniris minyak. Hasilnya produksi tersebut akan menghabiskan waktu selama 10 hari proses kerja. Sedangkan pabrik lain, menggunakan mesin in line yang canggih, mulai dari proses pemotongan hingga proses penggorengan akan menggunakan mesin. Sehingga SDM yang dibutuhkan hanya 2 orang. Hasil produksi pun hanya membutuhkan waktu 5 hari dan output produk lebih merata baik dari segi pemotongan atau pun dari segi penyebar bumbu.

Dari contoh tersebut, kita dapat melihat bahwa faktor fisik yang semakin baik akan meningkatkan nilai produktifitas.

3. Keuangan

Organisasi tidak dapat berjalan selama tidak adanya faktor pendorong seperti keuangan. SDM tentunya akan membutuhkan sumber dana, dan pengadaan fisik pun demikian. Oleh karena itu, organisasi perlu memiliki modal dan aset yang mumpuni untuk menjalankan fungsinya.

Sumber daya keuangan ini bukan hanya untuk sesaat, tetapi organisasi butuhkan untuk jangka panjang selama organisasi berdiri. Oleh sebabnya, hasil output dari organisasi wajib menghasilkan keuntungan seoptimal mungkin. Keuntungan ini yang nantinya kita gunakan sebagai penutup modal, pemberi gaji, dan pembelian sumber daya fisik. Hal ini kita lakukan agar organisasi dapat terus berjalan dan tetap eksis.

Faktor finansial ini pun kita harus gunakan seefisien dan seefektif mungkin. Caranya dengan selektif dalam pemilihan SDM dan juga pemilihan sumber daya fisik.

sumber daya organisasi pada keuangan harus efisien dan efektif

4. Informasi

Sumber daya informasi adalah kemampuan organisasi untuk mengumpulkan data-data atau informasi yang berguna untuk mengambil keputusan permasalahan dalam organisasi. Dalam faktor ini, organisasi harus melakukan pencatatan data, pengumpulan data, dan pengolahan data agar mendapatkan informasi yang akurat dan berguna.

Informasi dapat kita dapatkan dari internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Infromasi internal perusahaan misalnya seperti waktu proses, hasil analisa produk, tingkat produktifitas, dan problem solving. Sedangkan informasi eksternal seperti situasi pasar dan kebijakan.

sumber daya informasi harus akurat pada sumber daya organisasi

Dalam proses agar terciptanya output yang baik, perusahaan pun harus melewati proses perencanaan, pengorganisasian, aksi, pengawasan dan evaluasi. Atau kamu bisa mempelajari Supply Chain Management: Pengertian dan Penjelasannya.

Tinggalkan Balasan