Target Pemasaran: Pengertian, Proses, Manfaat dalam Pemasaran | Anyabila

Target Pemasaran: Pengertian, Proses, Manfaat dalam Pemasaran

Strategi target pemasaran merupakan cara identifikasi segmen pasar mana yang paling menguntungkan untuk bisnis Perusahaan yang akan mereka masuki.

Oleh karena itu, dengan adanya penargetan ini perusahaan dapat memutuskan untuk fokus hanya pada satu atau beberapa segmen yang paling menguntungkan mereka. Perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan untuk memuaskan setiap segmen yang mereka pilih.

Strategi target pemasaran semacam itu berbeda dari pemasaran massal (perusahaan dapat memutuskan untuk memproduksi dan mendistribusikan satu produk ke semua konsumen) atau diferensiasi produk (perusahaan menawarkan berbagai produk ke pasar yang besar).

Pemasar beralih dari pemasaran skala massal ke ceruk pasar yang lebih sempit, karena mereka semakin menargetkan segmen yang lebih kecil dengan program pemasaran yang telah mereka sesuaikan.

Pengertian Target Pemasaran

Target pemasaran adalah sekelompok pelanggan homogen (serupa) yang ingin perusahaan sasar atau bidik. Mereka adalah gambaran tentang strategi apa yang akan perusahaan lakukan di beberapa segmen yang telah terpilih.

Dalam pemasaran sasaran, bauran pemasaran perlu selalu kita sesuaikan agar sesuai dengan beberapa pelanggan sasaran tertentu. Sehingga proses positioning akan berhasil.

Sedangkan, Strategi target pemasaran adalah proses mengevaluasi segmen pasar bisnis dengan cara memilih satu atau lebih segmen untuk perusahaan masuki, yang mana penargetan ini mereka pilih berdasarkan pasar mana yang lebih menguntungkan atau memberikan peluang paling besar.

Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan untuk menempati tempat yang berbeda di benak pasar sasaran. Hasil positioning berhasil.

Catatan:

  1. Pasar adalah semua pembeli aktual dan potensial.
  2. Pasar sasaran adalah sekelompok orang yang menjadi tujuan perusahaan memasarkan barang, jasa, atau idenya.
  3. Setiap strategi pemasaran harus menyertakan deskripsi rinci (spesifik) tentang ini.

Proses Target Pemasaran – Model 3 Langkah Segmentasi, Penargetan, dan Pemosisian (STP)

alur proses penetuan target pemasaran
alur proses penetuan target pemasaran

Proses target pemasaran yaitu dengan memilih pasar sasaran atau segmen pasar yang ingin organisasi atau perusahaan layani. Hal ini terdiri dari 3 yaitu segmentasi, targeting dan positioning.

Segmentasi pasar

Langkah pertama adalah segmentasi pasar, yang melibatkan pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah.

Penargetan Pasar

Langkah kedua adalah penargetan pasar. Penargetan pasar adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki.

Posisi Pemasaran

Langkah ketiga adalah positioning pasar. Penentuan posisi pemasaran melibatkan pengaturan suatu produk untuk menempati tempat yang jelas, khas, dan relatif terhadap produk pesaing di benak konsumen sasaran. Sehingga perlu tercapai melalui perumusan posisi kompetitif untuk suatu produk dan bauran pemasaran yang terperinci.

Materi lengkap proses STP silahkan menuju artikel berikut: STP Marketing: Langkah Jitu Membuat Produk Laris Di Pasaran.

Manfaat dan Pentingnya Target Pemasaran

Oleh sebab itu, manfaat dari Proses penargetan pemasaran adalah:

  1. Dapat memahami kebutuhan pelanggan.
  2. Dapat memilih bauran pemasaran yang cocok.
  3. Melakukan diferensiasi.

Memahami Kebutuhan Pelanggan

Proses penargetan pemasaran memberikan dasar untuk memahami kebutuhan pelanggan dengan mengelompokkan pelanggan dengan karakteristik serupa dan untuk pemilihan pasar sasaran. Segmentasi memungkinkan pemasar lebih tepat untuk menentukan kebutuhan dan harapan pelanggan.

Oleh karena itu, pemasar meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana, mengapa, dan apa yang memengaruhi pembelian pelanggan.

Kemudian, mempelajari hal yang berhubungan dengan pelanggan, meningkatkan daya tanggap mereka terhadap perubahan kebutuhan, sehingga kedepannya memungkinkan program pemasaran yang lebih baik.

Bauran Pemasaran Yang Cocok

Proses ini memungkinkan pemasar untuk memahami persyaratan pelanggan dari pasar sasaran dan merancang bauran pemasaran yang sesuai yang memenuhi kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, memberikan pencocokan sumber daya organisasi yang efektif dan efisien untuk segmen yang perusahaan targetkan dan menjanjikan laba atas investasi pemasaran yang lebih besar.

Diferensiasi

Memecah pasar menjadi segmen yang berbeda memungkinkan pemasar untuk memutuskan segmen mana yang lebih tepat untuk membedakan penawaran mereka dari pesaing. Segmen pasar perlu dilindungi dari pesaing.

Jika tidak, ada ancaman bahwa pendatang baru akan membangun pijakan, menumbuhkan pangsa pasar di segmen pasar yang terabaikan & terlayani dengan buruk.

Kesimpulan

Dalam pemasaran tertarget, penjual membagi pasar menjadi beberapa segmen, memilih satu atau lebih dari mereka, dan mengembangkan produk dan bauran pemasaran yang paling sesuai untuk setiap segmen yang dipilih. Misalnya, odol kodomo memproduksi pasta gigi untuk segmen pembeli anak-anak, yang mengklaim dapat mencegah kerusakan gigi pada anak.

Tidak mungkin perusahaan dapat menarik semua pelanggan di pasar yang tersebar luas dengan beragam kebutuhan. Perusahaan yang ingin sukses harus mengidentifikasi pelanggan mereka dan mengembangkan bauran pemasaran untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tinggalkan Balasan