Tingkatan Segmentasi Pasar: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan | Anyabila

Tingkatan Segmentasi Pasar: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Segmentasi pasar membagi total pasar menjadi sub pasar berbeda yang memiliki karakteristik serupa. Ada 4 tingkatan segmentasi pasar, yang mana tingkatan ini berdasarkan dari proses pemasaran sasaran.

Untuk memahami tingkatan segmentasi pasar, kita perlu melihat seperti apa pasar itu tanpa segmentasi parsial dan penuh. Mari kita lihat hipotesis enam pembeli pasar dan bagaimana mereka tersegmentasi;

Segmentasi pasar hipotetis untuk 6 pasar pembeli

  1. Tidak ada segmentasi – total pasar sebelum segmentasi
  2. Segmentasi parsial – Pasar terbagi menjadi tiga kelompok pelanggan distrik
  3. Segmentasi penuh – Pasar tersegmentasi sepenuhnya

Seperti yang Anda lihat, tingkatan segmentasi pasar adalah cara perusahaan melihat pasar dan menetapkan seberapa luas seharusnya penargetan pasarnya.

4 Tingkatan Segmentasi Pasar

Mari kita detailkan mengenai 4 tingkatan segmentasi pasar, yaitu:

  1. Pemasaran massal – targetkan seluruh pasar hanya dengan satu kampanye pemasaran
  2. Variasi produk – targetkan seluruh pasar dengan produk dan bauran pemasaran yang berbeda
  3. Terkonsentrasi/ ceruk – menargetkan beberapa segmen pasar yang terdefinisi dengan baik
  4. Pemasaran mikro – menargetkan pada tingkat paling dasar dari segmen pasar

1. Pemasaran Massal atau Pemasaran Tidak Terdiferensiasi – Targetkan seluruh pasar hanya dengan satu kampanye pemasaran.

Pemasaran massal adalah proses mengkomunikasikan produk ke seluruh pasar dengan satu strategi pemasaran, menggunakan kekuatan distribusi massa dan media massa. Pasar ini terkenal sebagai pemasaran yang tidak berdiferensiasi karena strategi ini tidak menargetkan segmen pasar individu.

Segmen pasar yang berbeda dipasarkan dengan pendekatan strategi yang sama, biasanya untuk memaksimalkan volume penjualan. Sebagian besar bisnis mencoba menggabungkan strategi pemasaran massal dan ceruk.

Keuntungan Pemasaran Massal

  1. Skala ekonomis dapat kita peroleh di pasar massal karena ukurannya yang sangat besar. Jadi, biaya rata-rata untuk membawa produk ke pasar akan lebih rendah, dan karenanya, margin keuntungan lebih tinggi.
  2. Hanya memerlukan satu rencana pemasaran, dan tidak ada segmen pasar tertentu yang perlu kita targetkan. Satu kampanye pemasaran menargetkan seluruh pasar, memfasilitasi skala ekonomi pemasaran.
  3. Menyediakan produk untuk pasar massal memungkinkan pembentukan basis pelanggan yang lebih luas. Ini umumnya akan meningkatkan profitabilitas.
Baca Juga:  Halaman Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Kekurangan Pemasaran Massal

  1. Dalam pemasaran massal, persaingan biasanya sangat luas dan sengit.
  2. Ada hambatan yang sangat tinggi untuk masuk ke pasar massal. Persaingan yang ketat dapat membuat sangat sulit untuk bersaing dalam pasar massal apalagi perusahaan baru.
  3. Pemasaran massal kurang terfokus, membutuhkan lebih banyak sumber daya.
  4. Perusahaan dapat mengalami kerugian yang tinggi jika strategi pemasaran gagal.

2. Pemasaran produk tervariasi atau Pemasaran Terdiferensiasi – Targetkan Seluruh pasar dengan produk dan bauran pemasaran yang berbeda

Dalam pemasaran produk tervariasi atau Pemasaran terdiferensiasi, pemasar membagi pasar menjadi segmen yang berbeda bergantung pada perilaku pembelian konsumen, persyaratan, daya beli, lokasi, dan tingkat usia.

Dalam pemasaran ragam produk, penjual menghasilkan dua atau lebih produk yang memiliki ciri, gaya, kualitas, dan sebagainya yang berbeda. Misalnnya, unilever memproduksi beberapa jenis pasta gigi dengan merek berbeda dengan kemasan lainnya.

Strategi ini dirancang untuk menawarkan variasi kepada konsumen daripada menciptakan berbagai daya tarik untuk segmen pasar yang berbeda.

Pemasaran yang terbedakan membantu pemasar untuk terhubung ke setiap jenis pelanggan dengan cara sebaik mungkin. Sebagian besar perusahaan menggunakan segmen pasar yang berbeda untuk memasarkan seluruh daftar produknya yang melayani berbagai tingkat pasar.

Kegiatan promosi dan periklanan untuk fokus tertentu hanya pada target pasar untuk produk tersebut.
Misalnya, Unilever menjual berbagai merek seperti sabun — Lux, Lifebuoy, dll.

Dalam pemasaran yang dibedakan, perusahaan mempromosikan beberapa produk dengan bauran pemasaran yang berbeda untuk melayani segmen pasar yang lebih kecil. Sehingga, dengan memberikan kepuasan yang meningkat untuk setiap banyak pasar sasaran, perusahaan menghasilkan lebih banyak penjualan, meningkatkan produksi, inventaris, dan biaya promosi.

Perusahaan dapat tetap kompetitif dan menguntungkan meskipun biaya pemasaran lebih tinggi. Peningkatan biaya pemasaran sebenarnya kembali sebagai ROI dengan jumlah penjualan yang tinggi dan basis pelanggan setia yang besar.

3. Pemasaran Ceruk atau Pemasaran Terkonsentrasi – Targetkan beberapa segmen pasar yang terdefinisi dengan baik

Pemasaran terkonsentrasi menargetkan segmen pasar yang spesifik dan terdefinisi dengan baik serta memusatkan semua upaya pemasaran pada segmen populasi yang kecil namun spesifik dan terdefinisi dengan baik.

Ceruk pasar ‘tercipta’ dengan mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, dan persyaratan yang tidak tertangani dengan baik atau tidak sama sekali oleh perusahaan lain, dan mengembangkan dan mengirimkan barang atau jasa untuk memuaskan mereka.

Sebagai strategi, pemasaran ceruk bertujuan untuk menjadi ikan besar di kolam kecil daripada menjadi ikan kecil di kolam besar.

Baca Juga:  Teori Kecerdasan Finansial dalam Kewirausahaan Yang Perlu Kamu Tau

Sebuah ceruk dapat diidentifikasi dengan membagi segmen menjadi sub-segmen atau dengan mendefinisikan kelompok dengan serangkaian karakteristik yang berbeda yang mungkin mencari kombinasi unik dari keunggulan atribut dalam produk.

Persyaratan atau karakteristik utama pemasaran terkonsentrasi/ ceruk adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan memiliki seperangkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda dari layanan atau produk.
  2. Penjual penyedia layanan membutuhkan lebih banyak keterampilan atau keterampilan khusus.
  3. Harga premium untuk kualitas yang lebih tinggi dan layanan khusus.

Keuntungan Pemasaran Ceruk

  1. Ketika segmen pasar tertentu ditargetkan dalam pemasaran perusahaan, pemasaran cenderung lebih terfokus dan cenderung memiliki daya tarik yang lebih besar dalam segmen yang ditargetkan. Pemasaran massal tidak terfokus dan, dengan demikian, cenderung berfokus pada konsumen ‘rata-rata’.
  2. Bisnis dapat menjadi sangat terspesialisasi dalam mencari tahu kebutuhan dan keinginan pasar khusus yang mereka targetkan. Dengan kebutuhan dan keinginan terpenuhi dengan lebih baik, loyalitas pelanggan dapat terjadi.
  3. Persaingan kompetitif dalam ceruk pasar lebih kecil daripada persaingan untuk pasar yang lebih luas. Persaingan yang lebih sedikit dapat diterjemahkan ke dalam peningkatan kekuatan penetapan harga untuk produk-produk yang dibedakan perusahaan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan profitabilitas.

Batasan Pemasaran Ceruk

  1. Pasar khusus, sehingga cakupan pasar ini sempit. Jumlah pelanggan potensial di pasar terbatas. Strategi pemasaran khusus mungkin kehilangan pelanggan potensial dan menekan pendapatan penjualan.
  2. Skala ekonomi mungkin tidak diperoleh di pasar khusus karena ukurannya yang terbatas. Dengan demikian, biaya rata-rata untuk membawa produk ke pasar akan lebih tinggi, yang mengarah pada harga yang lebih tinggi dan atau margin keuntungan yang lebih rendah.
  3. Pasar ceruk yang menguntungkan dengan hambatan masuk yang rendah cenderung menarik pesaing baru ke dalam industri. Pasar khusus kecil dan tidak dapat mempertahankan jumlah pesaing yang relatif tinggi.

Daripada memasarkan produknya secara terpisah ke beberapa segmen, sebuah perusahaan memilih pendekatan pemasaran terkonsentrasi.

Dengan pemasaran terkonsentrasi atau pemasaran ceruk, sebuah perusahaan berfokus pada kepuasan hanya pada satu segmen pasar. Ini mungkin segmen kecil tapi segmen yang menguntungkan.

Pendekatan ini dapat menarik bagi perusahaan kecil yang kekurangan sumber daya keuangan para pesaingnya dan bagi perusahaan yang menawarkan barang dan jasa yang sangat terspesialisasi. Seiring dengan manfaatnya, pemasaran terkonsentrasi memiliki bahayanya.

Karena pendekatan ini mengikat pertumbuhan perusahaan ke segmen tertentu, perubahan ukuran segmen tersebut atau pola pembelian pelanggan dapat mengakibatkan masalah keuangan yang parah.

Penjualan juga bisa turun jika pesaing baru berhasil menarik segmen yang sama. Pemasaran ceruk membuat kekayaan perusahaan bergantung pada satu segmen sasaran kecil.

Baca Juga:  Meningkatkan Penjualan Dengan Newsletter di Era Internet

4. Pemasaran Mikro – Menargetkan pada tingkat yang paling dasar dari segmen pasar

Pemasaran mikro melihat aktivitas individu dalam pemasar di seluruh sektor ekonomi. Pendekatan ini masih lebih terfokus secara sempit daripada pemasaran terkonsentrasi. Pemasaran mikro melibatkan penargetan calon pelanggan pada tingkat yang sangat dasar, seperti kode pos, pekerjaan tertentu, atau gaya hidup.

Pada akhirnya, pemasaran mikro bahkan dapat menargetkan individu itu sendiri.

Dengan kemampuan untuk menyesuaikan (upaya individualisasi oleh perusahaan) dan untuk mempersonalisasi (upaya individualisasi oleh pelanggan), internet menawarkan keuntungan dari kustomisasi massal – dengan menjangkau pasar massal dengan penawaran individual untuk pelanggan.

Beberapa jenis pemasaran mikro;

  1. Lokal.
  2. Individual

Pemasaran lokal

Dalam pemasaran Lokal, penjual atau pemasar hanya berkonsentrasi pada pasar lokal. Produk juga memiliki daya tarik lokal atau penggunaan lokal, dan kegiatan promosi direncanakan berdasarkan lokasi hanya dengan citarasa lokal.

Di sini biayanya tetap tinggi karena produksi lebih rendah, dan persaingan juga lebih sedikit. Pemasar dapat berkonsentrasi untuk menjangkau semua pelanggan di wilayah tersebut. Contoh terbaik adalah pemasaran jaringan hotel atau restoran lokal, produk makanan yang diproduksi secara lokal, dll.

Pemasaran lokal dapat dipelajari dari perspektif pengecer dan produsen. Untuk pengecer, pemasaran lokal menyiratkan pengoptimalan bauran pemasaran toko.

Bagi produsen, pemasaran lokal menyiratkan pengoptimalan bauran pemasaran produk di tingkat toko. Kita fokus pada interaksi antara produsen dan pengecer, bagaimana produsen dan pengecer mengoptimalkan bauran pemasaran untuk suatu produk (kategori) di tingkat toko.

Pemasaran Individu

Pemasaran individu berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu, hal ini juga dikenal sebagai pemasaran satu-ke-satu dan pemasaran yang disesuaikan, ini adalah tingkat segmentasi di mana penjual menawarkan produk yang disesuaikan kepada konsumen.

Sederhananya, perusahaan membuat dan menjual produk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Misalnya, sebuah perusahaan Kain akan memotong kain sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.

Kesimpulan – Tingkatan Segmentasi Pasar

tingkatan segmentasi pasar ceruk dan mikro

Tingkatan segmentasi pasar merupakan 4 level pasar yang dapat perusahaan masuki. 4 Level tersebut akan semakin mengerucut tiap levelnya, yang mana jika perusahaan ingin memasukki pasar yang lebih terdifferensiasi, perusahaan perlu memasuki segmen pasar yang lebih tertarget seperti memasuki pemasaran ceruk dan mikro. Pasar ini pun tidak perlu memiliki modal yang sangat besar jika kita bandingkan dengan level segmen lainnya, karena pasar ini memiliki konsumen yang lebih tertarget. Sehingga perusahaan yang memasuki pasar ini bisa menghemat dari segi promosi produk dan branding merek.

16 Replies to “Tingkatan Segmentasi Pasar: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

  1. Youre so right. Im there with you. Your blog is definitely worth a read if anybody comes throughout it. Im lucky I did because now Ive obtained a whole new view of this. I didnt realise that this issue was so important and so universal. You absolutely put it in perspective for me.

  2. uroxatral valparin chrono 300 in hindi As part of the excursion in China, the two fighters raced each other up the steps of the Great Wall; paid a visit to Tiananmen Square and recoiled under former Houston Rocket center Yao Ming, in a humorous photo op as part of the press tour to sell the fight buy clomid tablets online. The optimal adjuvant endocrine therapy in premenopausal women with early stage breast cancer is yet to be elucidated

Leave a Reply

Your email address will not be published.