yang bukan merupakan pengukuran keberhasilan manajemen produksi adalah | Anyabila

yang bukan merupakan pengukuran keberhasilan manajemen produksi adalah

Sering kali kita mendapatkan pertanyaan mengenai hal yang bukan merupakan pengukuran keberhasilan manajemen produksi adalah …

Dengan pilihan jawaban sebagai berikut:

  • a. Produktivitas
  • b. Kapasitas
  • c. Kecepatan pengiriman
  • d. Kualitas
  • e. Kuantitas

Lalu, mana jawaban yang tepat ? Maka, kami sarankan pilih jawaban e.

Sehingga yang bukan merupakan pengukuran keberhasilan manajemen produksi adalah kuantitas.

Mengapa pilih kuantitas ?

Untuk mengetahui jawaban tersebut mari kita uraikan apa saja faktor yang dapat mengukur keberhasilan produksi.

Faktor Pengukuran Keberhasilan Manajemen Produksi

yang bukan merupakan pengukuran keberhasilan produksi adalah

1. Produktivitas

Produktivitas merupakan banyak hasil output yang produksi hasilkan berbanding lurus dengan sumber daya yang perusahaan miliki. Artinya, produksi harus berjalan secara efektif dan memiliki hasil output yang sesuai keinginan perusahaan.

Ketika perusahaan memiliki sumber daya yang sedikit namun hasil output meningkat, dapat kita katakan bahwa perusahaan mengalami kenaikan tingkat produktivitas.

Produktivitas sendiri akan berbanding lurus dengan keuntungan perusahaan karena semakin tinggi produktivitas produksi, maka semakin tinggi pula keuntungan yang perusahaan dapatkan.

2. Kapasitas Produksi

Production Capacity atau kapasitas produksi merupakan jumlah maksimal output yang dapat produksi hasilkan. Maksimal kapasitas terpengaruhi banyak faktor seperti kualitas SDM, kecanggihan mesin, banyaknya bahan baku, dan modal yang perusahaan miliki.

3. Kecepatan Pengiriman

Alasan mengapa kecepatan pengiriman menjadi faktor keberhasilan produksi karena kecepatan pengiriman merepresentasikan keberhasilan produksi untuk melaksanakan perannya.

Hasil produksi harus segera perusahaan kirim ke bagian yang membutuhkan seperti agen, reseller, dan distributor.

Bagi perusahaan yang memakai teknik penjualan push marketing kecepatan pengiriman akan sangat mereka perhitungkan agar tidak adanya masalah penumpukan stok di gudang atau kekurangan stok di toko-toko.

4. Kualitas

Akan sangat percuma jika hasil produksi banyak namun kualitas yang dihasilkan jauh dari standar yang ditetapkan perusahaan.

Kualitas merupakan nilai yang diharapkan oleh konsumen.

Sehingga, perusahaan harus menghasilkan produk yang berkualitas agar produk tersebut dapat diterima oleh konsumen dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Kamu perlu ingat bahwa tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, sehingga kualitas output menjadi faktor no 1 keberhasilan dari produksi.

Kesimpulan Yang Bukan Merupakan Pengukuran Keberhasilan Manajemen Produksi Adalah

Setelah kamu mengetahui apa saja faktor keberhasilan produksi, maka kamu juga akan mengetahui faktor apa saja yang bukan termasuk dari keberhasilan manajemen produksi.

Sehingga, jika ada pertanyaan tersebut janganlah ragu untuk memilih jawaban yang tidak ada diantara faktor keberhasilan produksi seperti kuantitas.

Tinggalkan Balasan