Salesmanship : Pengertian dan Perbedaannya Dengan Promosi Penjualan | Anyabila

Salesmanship : Pengertian dan Perbedaannya Dengan Promosi Penjualan

Promosi didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan yang mengkomunikasikan manfaat produk kepada pembeli potensial, sehingga dapat menarik dan meyakinkan mereka untuk membelinya. Ini mencakup kegiatan seperti pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan pribadi/ salesmanship, iklan, dan hubungan masyarakat. Semua ini termasuk strategi dorongan penjualan.

Salesmanship adalah demonstrasi produk dan layanan kepada pelanggan potensial yang kemudian meyakinkan mereka untuk membelinya. Sehingga salesmanship adalah proses dua arah, di mana pembeli dan penjual mendapatkan manfaat.

salesmanship
Proses salesmanship

Perbedaan Salesmanship dan Promosi Penjualan

Penjualan personal/ salesmanship merupakan alat promosi di mana perwakilan/sales penjualan mempresentasikan produk di hadapan calon pelanggan dan memberi tahu mereka tentang kualitas dan fungsinya dengan mengunjungi langsung mereka.

Sedangkan, promosi penjualan adalah kegiatan penjualan yang menggunakan skema, penawaran dan insentif untuk jangka pendek untuk meningkatkan penjualan.

Selain perbedaan terkait definisi, terdapat 7 perbedaan antara salemanship dan promosi penjualan, yaitu:

  1. Konsekuensi
    Pada salesmanship, peningkatan penjualan dalam jangka panjang. Sedangkan promosi penjualan dalam jangka pendek.
  2. Penggunaan biaya
    Salesmanship akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal daripada promosi penjualan.
  3. Cara komunikasi
    Dalam demonstrasi produk, tentunya seorang salesman akan melakukan dengan tatap muka langsung. Sedangkan promosi penjualan bisa secara tidak langsung.
  4. Jangkauan pelanggan
    Salesmanship memiliki jangkauan yang jauh lebih sedikit daripada promosi penjualan yang banyak.
  5. Skema instensif dan penawaran
    Dalam metode salesmanship tidak selalu ada hal demikian, berbeda dengan promosi penjualan yang selalu ada.
  6. Prinsip produk jual
    Pada metode salesmanship bentuk produk biasanya lebih komplek dan kostum. Sedangkan pada promosi penjualan, produk biasanya standar dan mudah konsumen pahami. Contoh produk yang biasanya menggunakan metode salesmanship adalah sistem perusahaan, sedangkan produk standar contohnya pakaian.
  7. Jenis metode
    Salesmanship menggunakan metode high value, promosi penjualan menggunakan metode low value.

Dalam interaksi tatap muka antara calon pelanggan dan perwakilan penjualan (sales/SPG), yang mana penjual menampilkan barang kepada pelanggan, menjelaskan fitur & kualitasnya, menunjukkan fungsinya, menjawab pertanyaan pelanggan, memberi tahu harga & diskon yang tersedia dan membujuk mereka untuk membelinya.

Dalam penjualan seperti ini, pelanggan mendapatkan informasi lengkap tentang produk dan secara fisik dapat melihatnya langsung dan memudahkan pelanggan untuk mengambil keputusan. Sering kali, melakukan kunjungan langsung ke rumah untuk mempromosikan penjualan.

Sehingga metode salesmanship membuat pesan dapat tersampaikan kepada setiap pelanggan secara lebih inten dan akan lebih mudah mendapatkan tanggapan langsung. Jenis penjualan ini dapat kita lihat di toko barang elektronik, pameran mobil, dll.

Baca juga: Analisa Pasar Bisnis dan 10 Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

Promosi Penjualan mengacu pada sarana pemasaran yang membantu dalam memulai penjualan, dengan menggunakan skema insentif khusus untuk jangka waktu terbatasagar memikat calon pelanggan potensial.

Di bawah metode penjualan ini, penawaran tersebut tersedia untuk pelanggan dengan jangka waktu tetap dan tidak sepanjang tahun sehingga hanya untuk festival atau acara-acara khusus atau pada akhir tahun. Ini melibatkan semua kegiatan selain iklan dan penjualan pribadi yang membantu dalam meningkatkan penjualan produk. Seperti halnya diskon hingga 50% khusus pembelian di Hari Raya Idul Fitri.

Sarana yang digunakan dalam metode ini adalah sebagai berikut:

  1. Penawaran harga
  2. Sampel gratis
  3. Gosok dan menangkan hadiah
  4. Penawaran bonus
  5. Kupon
  6. Penawaran cashback

Tinggalkan Balasan