Sumber daya dalam manajemen perkantoran adalah | Anyabila

Sumber daya dalam manajemen perkantoran adalah

Dalam artikel ini kita akan menjawab pertanyaan mengenai sumber daya dalam manajemen perkantoran adalah …

Pertanyaannya ini acap kali muncul dalam ujian dan berjenis pertanyaan esai.

Jawaban dari sumber daya dalam manajemen perkantoran adalah sebagai berikut:

  1. Seluruh pegawai kantor adalah sumber daya manusia yang ada dalam manajemen perkantoran. Mulai dari pegawai office boy, staf kerja, manajer, hingga pimpinan tertinggi.
  2. Fasilitas kantor adalah sumber daya bahan pada manajemen perkantoran, termasuk di dalamnya adalah alat tulis, meja, bangku, dan seluruh fasilitas non mesin yang ada.
  3. Mesin kantor seperti printer, telepon, dll. Merupakan sumber daya mesin dalam manajemen perkantoran yang perlu kita rawat dan gunakan seoptimal mungkin untuk mendukung kinerja dalam bekerja.
  4. Metode atau prosedur kantor seperti cara kerja, aturan kerja, dll. Merupakan sumber daya metode dalam manajemen perkantoran. Sumber daya ini perlu ditaati seluruh orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan karena metode dibuat sebagai acuan perusahaan untuk meraih tujuannya.
  5. Modal seperti dana budgeting yang perusahaan alokasikan khusus untuk keperluan perkantoran, seperti pembelian fasilitas tambahan atau perbaikan yang ada di kantor.

Mengapa jawaban dari sumber daya dalam manajemen perkantoran demikian ? Hal tersebut karena harus memenuhi 6 jenis sumber daya umum yang ada (6M), yaitu:

  • Manusia (Man)
  • Uang (Money)
  • Bahan (Material)
  • Mesin (Machine)
  • Metode (Method)
  • Pasar (Market)

Karena manajemen perkantoran tidak memiliki pasar atau market, maka tidak perlu kita masukkan dalam jawaban.

Manajemen perkantoran sendiri memiliki defisini sebagai segala kegiatan atau aktivitas dalam perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan yang dapat meningkatkan nilai efektivitas dalam perkantoran demi mencapai tujuan yang dicita-citakan perusahaan.

Artinya, manajemen perkantoran akan mendukung segala bentuk kegiatan bahkan jika perlu mengeluarkan modal agar efektivitas di dalamnya berjalan lancar dan efektif.

Tinggalkan Balasan